
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk CABANG PEMBANTU MATARAM
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Praktik Perbankan
Pada Fakultas Syari’ah IAIN Mataram
OLEH
ABDUL AZIS ASY’ARI
NIM: 15.2.08.5.010
Dosen Pembimbing Lapangan:
Heru Sunardi, SH, M.H
Dosen Pamong:
Hartana
JURUSAN EKONOMI ISLAM
FAKULTAS SYARI’AH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MATARAM
2012
Laporan akhir Praktik Kerja Lapangan ini disetujui dan disahkan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 5 Mei 2012
Di : Mataram
Mengesahkan, Menyetujui,
Dekan Fakultas syari’ah Dosen Pembimbing Lapangan
( ) (Heru Sunardi, SH, MH)
NIP. NIP.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb, Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT. Karena berkat rahmat dan karunia- Nya. Laporan PKL ini dapat saya selesaikan dengan cukup baik. Laporan ini membahas tentang kegiatan PKL yang saya jalani selama 2 bulan.
Laporan ini saya buat berdasarkan apa yang diterima sesuai dengan kenyataan di tempat PKL. Dengan adanya laporan PKL ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua tentang dunia kerja Perbankan secara nyata.
Saya menyadari sepenuhnya, bahwa pembuatan laporan ini masih jauh dari sempurna.Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik dari ibu/ bapak pembimbing dan para pembaca laporan ini.
Akhir kata saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan PKL ini.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Penyusun:
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Halaman Persetujuan/ Pengesahan i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I : PENDAHULUAN 1
A. Dasar Pemikiran 1
Latar Belakang 1
B. Tujuan dan Kegunaan 2
a. Tujuan 2
b. Kegunaan 2
C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 3
BAB II : GAMBARAN UMUM LOKASI 4
A. Sejarah Berdirinya Bank BTN 4
B. Profile Lembaga 6
1. Visi dan Misi 6
2. Letak Geugrafis Lembaga 7
3. Keadaan Fisik/ Sarana Prasarana 7
4. Sruktur dan Tugas Organisasi 8
5. Peroduk dan Sistem Kelembagaan 13
1. Produk Dana 13
A. Tabungan 13
B. Deposito 24
2. Produk Kredit 26
A. Kredit Perorangan 26
B. Kredit Umum/ Korporasi 32
BAB III : PELAKSANAAN PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) 34
A. Kegiatan PKL 34
B. Schedulle/ Waktu Kegiatan 34
C. Hasil dan dampak bagi tempat PKL selama kegiatan PKL 64
BAB IV : PENUTUP 65
A. Kesimpulan 65
B. Saran – saran 65
Daftar Pustaka 67
Daftar Lampiran 68
1. Absensi Harian
2. Form Kegiata
3. Surat Keterangan Pernah PKL Dari Tempat PKL
BAB I
PENDAHULUAN
A. Dasar Pemikiran
Latar Belakang
Keberadaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram dapat memberikan motivasi kepada peserta PKL untuk bisa mengembangkan pemikiran Mahasiswa tentang sistem-sistem Ekonomi Perbankan. Dengan demikian pula penguasaan teori dapat dipadukan dengan praktik oleh Mahasiswa serta memberikan pengenalan Mahasiswa tentang dunia kerja.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga merupakan sebagai momen untuk mempromosikan Mahasiswa kepada tempat PKL yang bersangkutan dan lembaga keuangan lainnya tentang sejauh mana kemampuan Mahasiswa dalam mengaplikasikan perangkat- prangkat Perbankan serta untuk menunjukkan kwalitas kampus kepada public dalam mencetak Mahasiswa unggulan dan siap kerja.
Dalam proses Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Bank . PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram banyak sekali yang menarik yang dapat dijadikan sebuah Ilmu Pengetahuan untuk dikembangkan di sektor usaha lain, salah satunya adalah tentang Kredit Ringan Batara yang menjaminkan SK Pegawai Sebagai agunan dan produk KPR (Kredit Pembelian Rumah) yang dimana nasabah dapat menyawa, membeli maupun menjual rumah dengan cara dan prosedur produk KPR tersebut.
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram sebagai salah satu unit usaha yang beroprasi dalam dunia perbankan mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan usaha yang lain, perbedaan tersebut utamanya terletak pada kegiatan usahanya. Yaitu sumber pembiayaannya yang sebagian besar terletak pada dana masyarakat yang di simpan pada Bank tersebut. Hal tersebut menuntut Bank untuk menjaga dan mengelolanya sesuai kesepakatan dan aturan yang berlaku untuk kemaslahatan Masyarakat.
Sementara itu pengelolaan dana dengan cara kehati-hatian yang di lakukan oleh Bank dalam rangka mengembangkan dana tersebut bukan saja tugas Bank yang bersangkutan, tapi juga tugas BI dalam mewujudkan perekonomian yang adil dan merata. Oleh karena itu, dalam mengembangkan hal tersebut di perlukan seterategi dalam memasarkan peroduk-peroduk yang ada dalam PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram.
B. Tujuan Dan Kegunaan PKL
a. Tujuan
Adapun tujuan di adakanya PKL ini adalah untuk lebih memantapkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa mengenai perbankan sehinnga mahasiswa tidak hanya sebatas mengetahui teoritis akan tetapi juga dapat memperaktekkan secara lansung apa yang telah di dapatkan di bangku kuliah, selain itu dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui ada tidaknya kesenjangan dan perbedaan antara teori perbankan dengan operasional perbankan di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram, sehingga nantinya mahasiswa di tuntut berperan aktif mengikuti segala bentuk kegiatan yang ada di perbankan dengan harapan hasil yang di dapatkan menjadi maksimal dan menjadi pengalaman untuk menempuh dunia kerja.
b. Kegunaan
Kegunaan di adakannya PKL Ini akan memberikan gambaran umum tentang kinerja perbankkan, baik pungsi, tugas dan tanggung jawab masing-masing sistem serta devisi- devisi yang ada di dalam Perbankan dan dapat membentuk mahasiswa selanjutnya menjadi Bankir maupun dalam pengelolaan lembaga keuangan lainnya yang profesional dan siap dengan persaingan serta tantangan dalam dunia kerja.
Sedangkan manfaat untuk lembaga adalahSebagai salah satu media penyerapan informasi yang bermanfaat untuk penyelarasan kurikulum dengan perkembangan kebutuhan di lapangan, Dengan adanya PKL, Perguruan Tinggi sebagai pencetak sumber intelektual yang dapat diterapkan di lapangan dalam rangka meningkatkan SDM untuk menghadapi kemajuan teknologi khususnya pada Jurusan Ekonomi Islam (Perbankan).
C. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada setiap semester genap (awal semester VIII). Praktik kerja lapangan dilakukan dan dilaksanakan selama Dua bulan mulai dari tanggal 13 Februari – 13 April 2012 sesuai program dari panitia PKL, di kurangi libur nasional dan libur biasa yaitu pada hari sabtu dan minggu dengan jadwal efektif lima hari praktek (kerja) dalam satu minggu.
Tempat Pelaksanaan
Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram, Jl. Airlangga No. 1B Komplek Pertokoan Airlangga Gomong-Mataram 83125.
BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI PKL
A. Sejarah Berdirinya Bank BTN
Bank BTN pada mulanya bernama Postpaar Bank didirikan pada tahun 1897, dengan maksud untuk mendidik masyarakat agar gemar menabung. Postpaar Bank berkedudukan di Batavia (Jakarta) ini, juga memperkenalkan konsep Perbankan modern pada masyarakat luaas.
Mengubah kebiasaan masyarakat untuk percaya dan bersedia menyimpan uangnya di Bank. Bukanlah pekerjaan mudah pada saat itu. Namun, kegigihan Postpaar Bank kala itu cukup mengembirakan, pada tahun 1939 setidaknya sudah berhasil menghimpun dana Masyarakat Rp 5.400.000,00
Keberhasilan Postpar Bank dalam menghimpun dana tabungan masyarakat. Ini, kemudian di ikuti dengan pembukaan 4 kantor abang di Makasar, Surabaya, Jakarta dan Medan.
Namun, dengan meletusnya Perang Dunia ke 2 dan di serbunya Belanda oleh Jerman pada tahun 1940 telah membawa masalah bagi keberadaan Bank ini,. Masyarakat yang menempatkan dananya pada Postpar Bank menarik kembali dananya secara beramai- ramai. Postpar Bank mengalami rusah, oleh penarikan dana nasabah secara massal yang mencapai nilai Rp 11.000.000,00 hanya dalam waktu beberapa hari. Untunglah hal itu tidak berlangsung lama, setahun kemudian kepercayaan Masyarakat pada Postpar Bank mulai tumbuh kembali.
Dalam waktu singkat, Postpar Bank berhasil mencatat pembukuan dari masyarakat yang disimpan hingga lebih dari lima kali lipat yakni sejumlah Rp 58.800.000,00.
Namun, prestasi ini tidak berlangsung lama. Pada tahun 1942 Jepang masuk menyerbu Indonesia, dan membekukan operasional Postpar Bank. Jepang yang berhasil mengusir Belanda pada saat itu, mengambil alih penguasaan Postpar Bank dan mengubahnya menjadi Tyokin Kyiku, serta membuka satu Kantor Cabang baru di Yokyakarta.
Sayangnya Tyokin Kyiku tidak berhasil seperti Postpar Bank, dan kehilangan kepercayaan dari Masyarakat, Masyarakat enggan menabung di Tyokin Kyiku.
Setelah peristiwa Proklamasi tanggal 17- 08- 1945 yang menandai kemerdekaan Indonesia, Tyokin Kyiku di ambil alih oleh pemerintah Indonesia dan berganti nama menjadi Kantor Tabungan Pos (KTP). Pengambil alihan ini di prakarsai oleh Darmoe Soetanto yang selanjutnya menjabat sebagai direktur pertama KTP.
Pungsi strategis utama KTP pada saat itu adalah sebagai tempat penukaran mata uang Jepang ke mata uang ORI (Oeang Republic Indonesia). Secara politis penggantian mata uang yang berlaku memiliki makna penting, bagi eksistensi Negara Indonesia yang baru merdeka. Prahara kembali menimpa Bank ini ketika Belanda melancarkan agresi militer I pada tanggal 19- 12-1946, Ibu Kota Jakarta diduduki Belanda. Dan karenanya Ibu Kota Negara kemudian dipindahkan oleh Soekarno ke Yokyakarta.
Dalam moment agresi militer ini pulalah kembali menguasai kantor pusat dan semua kantor cabang Postpar Bank, yang telah beralih nama menjadi Kantor Tabungan Pos. namun setelah belanda benar- benar hengkang dari Indonesia pada tahun 1949, pemerintah Indonesia kembali menguasai Postpar Bank, dan mengubah namanya menjadi Bank Tabungan Post Republik Indonesia.
Pada tanggal 19- 02- 1950, pemerintah membekukan bank tabungan Post, entah dengan alasan apa. Selanjutnya, pada tanggal itu juga di bentuklah Bank Tabungan Negara dengan bermodalkan seluruh asset Bank Tabungan Post.
• 1897:Berdiri dengan nama Postpaar Bank
• 1942-1945:Berubah nama menjadi Chokin Kyoku
• 1950:Menjadi Bank Tabungan Pos
• 1963:Menjadi Bank Tabungan Negara
• 1968:Resmi dimiliki Pemerintah(BUMN)
• 1974:Pelayanan lebih difokuskan
• 1989:Mendapat izin bank umum dan penerbitan obligasi
• 1992:Menjadi Persero
• 1994:Mendapat izin bank devisa
• 2000:Ikut program Rekapitulasi
• 2002:Pinjaman Tanpa Subsidi
• 2003:Restrukturisasi
• 2005:Peluncuran BTN Syariah
• 2008:Sekuritisasi Aset
B. Profile Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
1. Visi dan Misi
Visi
Menjadi Bank yang terkemuka dalam Pembiayaan Perumahan.
Misi
• Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan dan industry terkait, pembiayaan konsumsi dan Usaha Kecil Menengah.
• Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk jasa dan jaringan strategis berbasis teknologi terkini.
• Menyiapkan dan mengembangkan Human Capital yang berkualitas, professional dan memiliki integritas tinggi.
• Melaksanakan Managemen Perbankan sesuai dengan prinsip kehati- hatian dan Good Corporate Govermance untuk meningkatkan Share Holder Value.
• Mempedulikan kepentingan Masyarakat dan Lingkungannya.
2. Letak Geografis Lembaga
Letak geografis PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram sangat strategis selain berlokasi dipinggir jalan raya, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram ini juga berdekatan dengan komplek toko- toko pakaian, serta pusat-pusat perbelanjaan/ perdagangan lainnya. Sehingga cukup menarik para nasabah untuk melakukan pembukaan tabungan dan deposito maupun mengajukan kredit kepadaPT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram.
Adapun batas-batasnya sebagai berikut:
Sebelah utara : Hotel Airlangga
Sebelah selatan : Jl. caturwarga
Sebelah barat : Perumahan Warga
Sebelah timur : Jl. Airlangga dan STIE AMM MATARAM
3. Keadaan Fisik/ Sarana Prasarana
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai dan cukup lengkap, semua transaksi dilakukan dengan alat elektronik, tidak memakai sistem manual lagi. Alat yang digunakan seperti mesin hitung, komputer, internet, mesin ATM, dan lain- lain. Agar bisa menunjang perpormennya dalam bekerja dan tidak menghambat dalam melakukan sesuatu serta meminimalisir kesalahan yang mungkinkan terjadi.
Secara rinci Keadaan Fisik Atau Sarana Dan Perasarana PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram memiliki gedung yang berlantai 2(dua). Lantai 1 (satu) terdiri dari beberapa ruang bagian yaitu ruang Cunstumer servis yang langsung dengan ruang tunggu dan teller, tempat fotocopi, ruang berangkas ( tempat simpan uang), toilet dan gudang. Lantai 2(dua) terdiri dari ruang sub brenc head, loan service langsung dengan ruang tunggu, marketing officer, administrasi umum , operator telepon, musolla, tempat wudhu dan dapur.
4. Sruktur dan Tugas Organisasi
Struktur organisasi adalah: bagan atau skema yang ada dalam suatu perusahaana, agar dapat memudahkan mengatur job description/uraian pekerjaan dan untuk mengetahui siapa saja yang memiliki kedudukan pada top managemen, middle managemen, dan lower managemen, karena seluruh aktivitas, serta siapa saja yang mengolah/ membuat kebijaksanaan dalam bentuk program kerja, dan siapa yang mengubah kebijaksanaan itu menjadi nyata, rasional, dan masuk akal dalam bentuk pekerjaan.Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur organisasi adalah: susunan kedudukan dari para staf dan pegawai/ karyawan
Organisasi merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya orang-orang (manusia) yang memiliki minat, bakat, tujuan atau cita-cita yang sama. Unsur-unsur utama yang terkait, dan akan mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh keberadaan organisasi adalah (4 M):
a. Man (Manusia)
b. Methode (Sistem)
c. Money (Dana)
d. Material (Bahan)
a. Man (Manusia) adalah subjek, predikat maupun objek dari kegiatan suatu organisasi. Manusia merupakan sumber daya penting yang menjadi asset organisasi, sebagai sumber inspirasi, pelaku yang bergerak sesuai sistem atau komitmen organisasi, yang akhirnya akan menghasilkan produksi berupa karya atau sumberdaya manusia sesuai dengan tujuan organisasi.
b. Methode (Sistem) adalah mesin yang mengatur hubungan antar manusia atau komponen yang terlibat di organisasi untuk mencapai hasil yang diharapkan.
c. Money (Dana) merupakan bahan bakar untuk menggerakkan organisasi, terkadang “money” juga menjadi motivasi untuk menggerakan sdm yang ada diorganisasi, meskipun ada yang punya idealisme bahwa “uang bukan segalanya” tapi untuk memenuhi beberapa keperluan yang di anggarkan, uang sangat diperlukan, dan penggunaan uang sesuai atau diluar anggaran ini harus dapat dipertanggungjawabkan.
d. Material (bahan) yang dibutuhkan oleh organisasi bias berbentuk fisik (benda) seperti kantor dan perlengkapannya atau alat-alat dan sarana yang dibutuhkan untuk suatu event (kegiatan). Material yang dibutuhkan organisasi bisa juga berupa non-fisik seperti cita-cita yang sama, semangat, hobi, minat dan bakat anggota yang sama. Contohnya hobi mendaki gunung, menelusuri rimba, mengarungi jeram, sepak bola, basket, karate, riset keilmuan, pengembangan kreatifitas bidang kerja, seperti: pemrograman komputer, web design, multimedia, network dan lain-lain.
Sehingga bahan yang dibutuhkan organisasi biasa berbentuk kantor, lapangan olah raga, alam pegunungan, laboratorium, koneksi internet, perlengkapan computer atau yang lainnya.
SETERUKTUR ORGANISASI KCP TIPE B AIRLANGGA
Dalam struktur organisasi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram, otoritas yang tertinggi adalahSub Brenc Head, dan bagian-bagian yang berada di bawahnya menjadi tanggung jawabnya .
Sedangkan keadaan pejabat dan kariawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram dapat di lihat pada tabel berikut
No Nama Jabatan Keterangan
1 Hartana Sub Branc head Mengawasi, memimpin dan bertanggung jawab atas bagian- bagian yang berada dibawahnya.
2 Nina Permata Al- Bayani Customer Service Melayani, menerima komplaain dan memberikan informasi- informasi produk Bank BTN kepada nasabah
3 RH Fahrurrozi Loan Service Melayani, menerima komplaain dan memberikan informasi- informasi produk perkreditan serta merealisasi kredit yang diajukan nasabah kepada Bank BTN
4 Eka Yunita Teller 1. Menerima setoran dari nasabah (baik tunai maupun non tunai), kemudian melakukan posting di sistem komputer bank.
2. Melakukan pembayaran tunai kepada nasabah yang bertransaksi tunai di counter bank, dan melakukan posting di sistem komputer bank.
3. Menjadi gerbang awal pengamanan bank dalam mencegah peredaran uang dan warkat (cek/bilyet giro) palsu.
4. Menjalankan fungsi tag on dalam cross selling produk2 perbankan.
5. Bertanggungjawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di sistem dengan kas di terminalnya
5 Retno Tri Wulandari Teller
6 Awang Darmawan Staf Bag Umum Melaksanakan dan membantu pegawai dalam menyelesaikan dan mengurus semua keperluan kantor
7 Darsih Cleaning Service Bertanggung jawab atas kebersihan kantordan mengatur tata ruang kantor
5. Peroduk dan Sistem Kelembagaan.
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Mataram memiliki beberapa produk usaha perbankkan yaitu sebagai berikut :
1. Produk Dana
A. Tabungan
a. Tabunganku
Adalah: tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersamaan oleh bank- bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabungserta meningkatkan kesejahtraan masyarakat.
Fitur Produk Tabunganku
Fitur produk tabunganku dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Fitur standard (Mandatory)adalah fitur produk tabunganku yang harus diterapkan secara seragam oleh seluruh bank yang meluncurkan produk tabunganku.
1. Tanpa biaya administrasi bulanan.
2. Setoran awal pembukaan rekening minimum 20.000,00.
3. Setoran tunai selanjutnya minimum 10.000,00.
4. Saldo minimum rekening (setelah penarikan) adalah 20.000,00.
5. Saldo dorman (tidak ada transaksi selama enam bulan berturut- turut).
• Biaya penaltinya adalah 2.000,00 per bulan.
• Apabila saldo rekening mencapai
Terima kasih sharing laporan pklnya
BalasHapus